Senin, 26 Maret 2012

Tips dan Trik

Cara Memilih Kampus / Universitas yang baik 
Tips dan trik kali ini kita membahas mengenai bagaimana memilih kampus / universitas yang baik.
Hal pertama yang harus diperhatikan bahwa memasuki universitas merupakan sebuah langkah proses mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja ini terlepas dari apakah universitas yang dipilih berstatus Negeri atau Swasta. Ketika kita ingin melanjutkan ke perguruan tinggi sebenarnya ada hal-hal yang harus dipersiapkan dengan matang, pemilihan universitas tidak hanya pada faktor fisik seperti gedung mewah, ruangan ber AC dan sebagainya. Sebagai calon mahasiswa kita harus pandai-pandai memilih universitas, sebagai berikut:
1. Biaya Kuliah adalah hal penting yang harus diperhitungkan ketika calon mahasiswa menentukan universitas yang dipilih. Besarnya biaya kuliah dihitung mulai dari biaya masuk awal hingga lulus kuliah nantinya. berikut ini biaya-biaya yang harus dipesiapkan:
- biaya sumbangan *(hanya saat pertama kali masuk kuliah)
- biaya spp  (per 6 bulan sekali yang harus dibayarkan)
- biaya sks (per 6 bulan sekali yang harus dibayarkan)
- biaya praktikum (tergantung masing-masing fakultas)
biaya-biaya diatas dihitung hingga calon mahasiswa selesai menempuh pendidikan di perkuliahan / universitas, ini sangat penting, jangan sampai di tengah perjalanan masalah biaya kuliah menjadi kendala calon mahasiswa nantinya.

2. Tempat / lingkungan kampus
Pemilihan tempat / lingkungan kampus terkait dengan biaya hidup yang akan menjadi beban bagi calon mahasiswa, misalnya saja universitas yang berada di Jakarta relatif lebih mahal dibanding dengan universitas yang berada di lingkungan Jogjakarta seperti biaya kos, makan, rekreasi dan lain sebaginya.

3. Status Universitas
Pada bagian ini berkaitan dengan akreditasi dari universitas yang bersangkutan. Semakin baik fakultas / jurusan di sebuah universitas nilainya adalah A (akreditasi A).

4. Pengajar / Dosen
Tim pengajar yang baik dan profesional ikut menjadi standar yang harus diperhatikan, biasanya universitas yang di favoritkan memiliki staf pengajar / dosen yang telah berpengalaman.


5. Kegiatan Kampus
merupakan agenda kampus yang turut penting dalam membentuk karakter mahasiswa di lingkungan kampus dan masyarakat. Kegiatan kampus ini bisa bersifat daerah, nasional bahkan internasional.

6. Alumni
Biasanya lulusan mahasiswa / alumni dari universitas yang bersangkutan turut serta menjadi tolak ukur dalam menentukan pilihan di universitas. Universitas yang telah lama berdiri dan memiliki alumni yang telah terjun dan bekerja biasanya memiliki ikatan alumni karir (alumni career center) bagi fakultasnya. Ini merupakan kesempatan bagi para mahasiswa yang baru saja lulus untuk dapat berbagi pengalaman di bidang lapangan pekerjaan.

Sebenarnya masih banyak lagi beberapa hal yang perlu diperhatikan, namun pada akhirnya kembali pada calon mahasiswa sendiri bagaimana mengukur dari segala aspek termasuk faktor ekonomi.
Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar