Sabtu, 24 Maret 2012

Artikel Iptek

Apaitu gadget?
Agadget is a smalltechnological object (such as a device or an appliance) thathas a particular function, but is often thought of as a novelty. Gadgets areinvariably considered to be more unusually or cleverly designed than normaltechnology at the time of their invention. Gadgets are sometimes also referredto as gizmos. (Wikipedia.com)
Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkatelektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.
Contoh-contoh dari gadget di antaranya telepon pintar (smartphone) seperti iphone dan blackberry, serta netbook (perpaduan antara komputer portabel seperti notebook dan internet).
Gadget untuk Akses Internet
Salah satu fitur terkenal dan paling menarik dari gadget adalah internet. “Siswa dapat dengan mudah mencari informasi apa pun untuk tugas-tugas sekolah diinternet,” ujar Kak Daniel Kusnadi, mahasiswa Teknik Informatika dan salah satupembicara di diskusi tersebut. Dalam diskusi tersebut, praktisi TI, Bapak BambangJuwono memberikan contoh situs yang berguna untuk menambah wawasan kita, diantaranya stumbleupon.com dan thinkquest.org. Selain memperkaya wawasan, dengan gadget yang menyediakan akses internet, kita bisa memperluas persahabatan melalui situs jejaring sosial seperti facebook, twitter atau multiply.
EfekNegatif Gadget
Walau memberi begitu banyak keuntungan bagi pemakainya, jika tidak bijak dalam menggunakannya, gadget bisa memberi kerugian. Salah satunya, ketidakmampuan untuk hidup sendiri. “Coba saja, hampir tiap saat para pengguna facebook ingin bercerita tentang hidupnya kepada orang lain lewat update status,” ujar seorang rohaniawan, Romo Deshi Ramadhani, SJ.
Kemudahan akses internet lewat gadget juga membuat kita semakin mudah dan cepat mendapat apa yang kita mau. “Akibatnya, anak-anak menjadi malas, tidak mau berusaha, dan tidak tahan banting,” begitu jelas psikolog anak dan remaja, Ibu Ratih Ibrahim.
Gadget memang bisa memudahkan hidup kita, namun kita perlu membatasi waktupenggunaannya sehingga tidak mengganggu waktu berharga bersama keluarga dansahabat. Selain itu, akseslah situs-situs yang memang bermanfaat dan membuat kita semakin cerdas!



Apa Perbedaan iOS(iphone) dengan Android?
Tidak sedikit dari kita yang belum mengerti perbedaan iOS (iphone) dengan android? Apa kelebihan dan kekurangannya apa? untuk pasar ponsel sekarang, mungkin android dan iOS merupakan produk yang paling populer, apple dan samsung mengalahkan dominasi nokia yang telah sekian lama merajai pasar ponsel indonesia maupun dunia. dan mungkin banyak diantara sahabat blogger yang bingung, mau beli iphone yang memakai iOS, atau samsung galaxy yang memakai andoid.
Perbedaan paling mendasar dari kedua platform ini adalah sifat dari pengembangannya, kalau android bersifat open source, yaitu kita sebagai user bisa mengotak-atik dengan bebas sesuai keperluan kita walaupun sedikit membingungkan. Sedangkan iOS yg bersifat closed source, kita sebagai pengguna tidak bisa mengotak-atik tapi pihak apple sebagai pengembang menyediakan semua kebutuhan aplikasi sehari-hari kita.
Untuk urusan aplikasi pendukung, iphone bisa bangga, karena jumlah aplikasi yang terdaftar di apple appstore mencapai lebih dari 600.000 aplikasi, sedangkan jumlah aplikasi pendukung yang terdaptar di android market, lebih dari 500.000 aplikasi. tapi banyak pengamat teknologi yang memperkirakan, jumlah aplikasi android akan lebih cepat berkembang karena tidak ada system review di android market,tidak seperti di apple appstore, jadi ketika seseorang membuat aplikasi untuk android, aplikasi bisa langsung di publish ke android market, sedangkan apabila kita membuat palikasi untuk iphone atau ipad, kita harus menunggu konfirmasi dulu kalau aplikasi kita telah selesai tahapan review system,baru dipublish di apple appstore,ribet tapi keamanan buat pengguna lebih terjamin di banding aplikasi android yang tidak melalui review system,jadi keamanan aplikasi android lebih rawan penyimpangan ataupun malware.

Intinya, iOS itu bisa diibaratkan “teknologi yang mengerti anda” dengan semua kemudahan penggunaan dan tampilannya yang menawan, sedangkan android “anda yang mengerti teknologi” dengan semua oprekan-oprekan yang bisa sahabat blogger lakukan terhadap device android anda menjadikan sahabat lebih mengerti teknologi, mungkin pengibaratan ini bisa sedikit menggambarkan perbedaan dari android dan iOS.

Tapi sebagian orang memilih iOS itu berdasar dengan “kefanatikan” mereka, ada orang-orang yang fanatik dengan android, dan ada orang-orang yang “cinta” mati dengan produk-produk dari apple, terlebih dengan inovasi keindahan ponsel iphone atau tablet ipad yang berbasis iOS.

Jadi, bagi anda yang tidak suka sama hal-hal yang sulit dan membingungkan dan suka dengan tampilan yang bagus mungkin cenderung untuk memilih iOS, Namun bagi anda yang suka 'ngoprek-ngoprek' atau suka dengan hal yang baru, anda bisa mencoba ponsel-ponsel android, semua pilihan kembali ke anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar