Sabtu, 24 Maret 2012

Artikel Pendidikan



SISTEM INFORMASI BIMBINGAN KONSELING (SIMBEKA V2.7)

Workshop: Universitas Teknologi Yogyakarta bekersama dengan MGBK SMA/SMK/MA se-
kota banjar mengadakan Workshop SimBeKa di SMAN 1 Banjar. Acara ini berlangsung sejak pukul 09.00 WIB, dan sampai dengan berita ini diterbitkan agenda tersebut masih berlangsung hingga pukul 15.00 WIB.
Workshop ini bertujuan untuk membuka wawasan guru bimbingan konseling, bahwa penggunaan teknologi informasi untuk menyelesaikan persoalan administrasi bimbingan dan konseling di sekolah ternyata sudah ada, satunya yang dikembangkan intensif oleh Universitas Teknologi Yogyakarta yang disebut dengan SimBeKa (Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling).

Saat ini SimBeKa sudah mencapai versi 2.7 dan sudah bisa memudahkan kebutuhan guru bimbingan konseling dalam menyelesaikan tugasnya. SimBeKa ini terwujud akibat keinginan guru bimbingan dan konseling untuk bisa membuat rekapitulasi, laporan kerja, dan segala administrasi bimbingan dan konseling di sekolah sehingga dengan adanya fasilitas tersebut guru bimbingan dan konseling tidak dianggap ‘tidak bekerja’ di sekolah. Padahal tugas guru bimbingan dan konseling tidaklah mudah dan mempunyai tanggung jawab moril yang kuat.
Pada pelaksanaan workshop ini, guru bimbingan dan konseling berlatih menggunakan SimBeKa mulai dari operasi awal hingga membuat laporan untuk diberikan kepada kepala sekolah. Laporan tersebut mencakup data diri siswa, data prestasi siswa, pelanggaran, bimbingan, dan pola administrasi lain.


Berikut ini screenshoot sekilas tampilan dari sistem informasi SIMBEKA Versi 2.7
Tampilan awal 
Data Sekolah
Data Siswa
Form Absensi
Surat Panggilan Siswa
Semoga dengan adanya sistem informasi Bimbingan Konseling (SIMBEKA) dapat membantu khususnya guru BK dalam rangka melaksanakan administrasi bimbingan dan konseling di sekolah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar