Minggu, 24 April 2011

 Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling

Pendahuluan
SimBK merupakan perangkat Bimbingan dan Konseling berbasis Komputer yang diperuntukan bagi Konselor/Guru BK disekolah.
Didalamnya berisi seangkaian data base dan administrasi yang mendukung pelaksanaan pelayanan BK, sehingga Konselor/Guru BK dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal pada siswa asuhnya.

SimBK ini disusun dan dirancang atas kerjasama antara Andori, S.Pd.,Kons. sebagai konselor (praktisi BK) dengan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) sebagai sebuah lembaga perguruan tinggi yang memiliki hubungan erat dan selalu menjalin kerjasama didalam peningkatan kemampuan Konselor/Guru BK terutama dalam bidang teknologi informasinya. Kami berharap semoga SimBK ini bisa bermanfaat terutama kepada rekan-rekan Konselor/Guru BK dan ucapan terima kasih kami sampaikan pada pengurus Musyawarah Guru BK ( MGBK ) atas kerjasamanya dalam ikut mengembangkan perangkat ini.
Cara mengoperasikan:
1.  Spesifikasi komputer yang bisa digunakan adalah pentium III keatas, memori minimal 512 MB dan ada ruang hardisk minimal 2 Gb
2.  Copi seluruh file SimBk kedalam hardisk komputer.
3.  Install terlebih dahulu software mysqlserver dan sql Yog yang ada dalam file tools. 

Preview:
Menurut kami sistem informasi ini cukup layak untuk digunakan oleh guru BK (MGBK) mulai dari tingkat SMP dan SMA, cara yang mudah digunakan, terdapat fasilitas ekspor-import data, bisa di linkkan, fasilitas yang cukup lengkap untuk administrasi bimbingan konseling, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kami gunakan sistem informasi ini sebagai pelengkap sistem informasi di sekolah kami (BK SMAN 3 Banjar). Jika ada rekan guru-guru MGBK di seluruh Indonesia yang tertarik dan ingin menggunakan sistem informasi ini silahkan hubungi kami.


1 komentar: